Mengenal sejarah Linux dan keuntungan menggunakanya


Sejarah dan keuntungan Linux
Linux adalah Sistem Operasi turunan dari UNIX yang mengunakan Pinguin sebagai logonya. Linux ini dibuat pertama kali oleh Linus Benedict Trovald, seorang mahasiswa tingkat dua Program Studi Ilmu Komputer Universitas Helsinki, Finlandia pada tahun 1991. Saat itu Sistem Operasi yang ada hanya beberapa saja, diantaranya adalah DOS yang sedang populer sat itu, Unix dan Apple MacOS.

DOS berjalan di komputer personal yang dibuat oleh Bill Gates  melalui perusahaanya yaitu Microsoft Corp, dan DOS ini dijual dengan harga yang cukup mahal. UNIX sebenarnya Sistem Operasi yang cukup bagus tetapi hanya berjalan di mesin mainframe dan juga dijual dengan harga mahal sehingga pengguna komputer personal tidak dapat menggunakan. Selain DOS dan UNIX, Apple MacOS juga dijual dengan harga yang mahal dan dari ketiga Sistem Operasi tersebut tidak ada satupun yang mepublikasikan kode sumbernya (source code).

Dari keadaan dan keterbatasan seperti diatas itulah timbul keinginan Linus Trovald untuk mengembangkan Sistem Operasi sejenis, berawal dari hobi menggunakan komputer Linus mulai mengembangkan Linux. Sistem Operasi Linux ini memiliki maskot/logo Pinguin yang menjadi ciri khas linux dari awal dikembangkan samapi saat ini.

Pinguin adalah hewan air (akuatik) yang merupakan jenis burung, tetapi hewan ini tidak bisa terbang dan secara umum hidup dibelahan bumi bagian selatan. Hewan ini hidup di daerah dingin bahkan mampu hidup dikutub yang tertutup oleh hamparan es karena memiliki bulu yang sangat tebal.

Menurut berbagai cerita, alasan mengapa pinguin menjadi maskot atau logo linux adalah sebuah pengalaman pribadi yang dialami oleh Linus Torvald saat berjalan-jalan di sebuah taman di daerah selatan Australia yang bernama taman perth. Pada saat itu terjadi suatu kejadian bahwa seorang Linus Torvald dipatuk oleh seekor pinguin yang mengakibatkan dia demam berhari-hari. 

Dari kejadian itu juga lalu muncul pemikiran yang menjadi dasar inspirasi mengapa pinguin dijadikan sebagai logo (maskot) linux yang kita kenal sampai sekarang ini. Dengan menjadikan Pinguin sebagai logo Linux diharapkan ketika orang sudah mulai mengenal linux maka dia akan demam linux dan tak bisa tidur  untuk selalu terjaga setiap siang dan malam untuk mengoprek sistem operasi linux tersebut.


Dikutip dari Wikipedia, bahwa Tux (juga dikenal sebagai Tux si Pinguin) yang digunakan sebagai logo/ maskot resmi dari kernel Linux. Konsep memperkenalkan seekor pinguin sebagai logo/maskot dari Linux datang dari Linus Torvalds, sang pencipta Linux itu sendiri. Tux kemudian dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996 setelah ide awal yang berasal dari Alan Cox dan penyempurnaan akhir oleh Linus Torvalds dalam milis kernel Linux. Orang pertama yang menamai penguin tersebut "Tux" adalah James Hughes yang menamainya berdasar "(T)orvalds (U)ni(X)"

Setelah beberapa lama mengembangkan Sistem Operasi tersebut, Linus mulai mempublikasikan Linux pertama kali pada bulan Agustus 1991 di newsgroups comp.os.minix. Linux disambut antusias oleh orang orang yang tergabung dalam group tersebut dari mereka yang sudah ahli maupun mereka yang baru belajar ikut memberikan ide dan perbaikan terhadap Linux.

Dari sinilah cikal bakal Linux menjadi sebuah Sitem Operasi yang berkembang sangat pesat sampai saat ini. Perkembangan ini bisa dilihat dari makin banyaknya distribusi yang menggunakan Linux sebagai basis Sistem Operasinya seperti: RedHat, Mandrake, Debian, Caldera, TurboLinux, Trustix, Ubuntu, dan masih banyak yang lainya.

Keuntungan menggunakan Linux

Seperti dibahas diatas, Linux merupakan Sistem Operasi yang kehadiranya disambut sangat antusias oleh masyarakat terbukti dengan munculnya berbagai varian Linux. Apa keuntunganya menggunakan Linux? Dibawah ini adalah beberapa keuntungan menggunakan Linux

Murah
Linux merupakan Sistem Operasi yang free, bahkan boleh dikatakan gratis. Berbeda dengan Sistem Operasi lain seperrti Microsoft Windows, MacOS, dan lain sebagainya yang terbilang lumayan mahal untuk mendapatkanya. Pengguna linux tidak dikenakan biaya untuk mendapatkanya pun sangat mudah, pengguna bisa langsung download dari forum forum yang membahas Linux

Legal
Sistem Operasi Linux merupakan Sistem Operasi GNU Public License (GPL) yang terjamin legalitasnya. Kode program dari linux juga disertakan sehinga pemakai bebas untuk mengembangkan kembali sesuai dengan kebutuhan

Ringan
Linux bisa dipakai oleh komputer komputer jadul sekalipun, ini karena Sistem Operasi Linux tidak memerlukan perangkat keras yang baru tetapi linux juga baik jika digunakan oleh komputer yang spesifikasi perangkat kerasnya tinggi

Multi User
Seperti Sistem Operasi pendahulunya, linux juga merupakan Sistem Operasi yang Multi User, yaitu pada saat yang sama mampu menangani lebih dari satu user

Handal dalam Jaringan
Dalam pengelolaan Jaringan, Linux dikenal cukup handal seperti pengelolaan Proxy Internet, Surat elektronik (e-mail) yang dapat diakses oleh banyak pengguna, dengan kata lain bahwa Linux sangat cocok untuk Sistem Operasi Server yang akan melayani banyak client baik jaringan Local maupun Internet.

Kecepatan Perbaikan Bug

Kecepatan berbaikan (bug) pada linux dikarenakan karena Kode Program dari linux terbuka (Open Source) sehingga banyak pemakai yang saling membantu dalam menangani Bug yang ada

Stabil
Pengguna Linux tidak khawatir mengalami Crash pada saat menjalankan program Aplikasi, pemakai cukup menutup program tersebut tanpa perlu merestart komputer

Demikian sejarah, dan keuntungan menggunakan Linux. Walaupun banyak kelebihan tetapi tetap saja Linux juga masih memiliki kekurangan jika dibanding dengan Sistem Operasi Lain, seperti Windows misalnya. Untuk mengetahui kekurangan Sistem Operasi Linux, silahkan baca Kekurangan Sistem Operasi Linux dibanding sistem operasi Lainya.

Semoga bermanfaat................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel