Kuliah yang sesuai untuk alumni SMK jurusan TKJ

“Pak, saya SMK jurusan A, Sebaiknya melanjutkan kuliah jurusan apa yang sesuai dengan jurusan saya di SMK?, dan Perguruan Tinggi/ Universitas mana yang cocok?
Pertanyaan seperti ini seringkali saya dapatkan ketika ngobrol sama pelajar SMK kelas XII yang punya rencana melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi/ Universitas. Jawabannya? Kamu bisa ambil jurusan apapun sesuai dengan keinginan, kemampuan, dan kesempatan yang ada, lah terus....?
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah salah satu jenjang pendidikan menengah yang pola pembelajaranya lebih banyak praktik dari pada teori, karena di SMK siswanya disiapkan untuk langsung bisa bekerja setelah lulus. Tetapi ketika ada kesempatan, kemauan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi tentu saja kita jangan melewatkan hal tersebut.
Baca Juga :  Pendaftaran Sekolah Tinggi Ikatan Dinas (bagi anda yang ingin menjadi PNS, wajib baca ini, ckckkc.....)

Banyak yang bingung ketika sekolah di SMK untuk menentukan jurusan di Perguruan Tinggi kelak.
Ada beberapa hal yang menyebabkan mereka bingung, diantaranya adalah:

  1. Pada saat masuk SMK hanya ikut-ikutan teman
  2. Jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan keinginan atau hobi
  3. Tidak ada bimbingan dari orang tua untuk mengarahkan jurusan yang sesuai
  4. Tidak ada bimbingan dari guru terkait relevansi jurusan di SMK dan Perguruan Tinggi
  5. Peralatan praktik disekolah tidak memadai sehingga siswa tidak bisa praktik dengan baik sesuai dengan jurusanya
  6. Dan lain sebagainya...

Banyak diantara siswa memutuskan untuk masuk SMK karena mengira tidak ada kesempatan kuliah setelah lulus. Dengan masuk SMK dan belajar mata pelajaran produktif (praktik) sesuai jurusanya, mereka berharap bisa mendapat keterampilan (skill) yang bisa langsung diterapkan untuk bekerja.
Baca : Peluang kerja untuk lulusan SMK Jurusan TKJ

Tetapi bagaimana kalau suatu ketika kesempatan dan kemauan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi itu datang?
Ketika harus menentukan jurusan di Perguruan Tinggi mereka pun bingung. Mendingan ambil jurusan yang sama pada saat di SMK, atau ambil jurusan yang benar-benar beda  ya?
Dari pengalaman yang sudah-sudah ternyata banyak juga yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi berbeda jurusan dengan waktu di SMK, seperti dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) melanjutkan ke Fakultas Pertanian, Kesehatan, Kebidanan, dan lain sebagainya
 Alumni SMK Jurusan TKJ - Kuliah yang sesuai untuk alumni SMK jurusan TKJ
Ada juga yang dari SMK jurusan Otomotif melanjutkan ke jurusan Informatika di perguruan Tingginya. Hal ini sah-sah saja seiring berjalanya waktu keinginan dan kesempatan bisa datang kapan saja, tetapi sebaiknya mengambil jurusan di perguruan tinggi dengan melihat peluang kerja ataupun peluang wira usaha dimasyarakat dan didasarkan dengan Hobi tentunya.
Maka hal inilah yang yang harus anda lakukan, yaitu melihat kembali bakat dan minat anda.
Awalnya, anda tentu bertanya kepada diri anda, apakah jurusan yang saya ambil di SMK benar-benar saya sukai, atau hanya karena ikut-ikutan teman?
Apakah dulu saya asal-asalan memilih jurusan, karena “terpaksa” masuk SMK? Toh, dulu saya berpikir nggak akan lanjut kuliah?
Karena itulah anda tidak boleh memaksakan diri memilih jurusan yang sama dengan jurusan anda di SMK., kuliah harus menjadi tempat belajar sesuai bidang yang yang anda sukai. Memang sayang juga jika selama tiga tahun sudah belajar dasar-dasar dari ilmu kejuruan di SMK terus tiba-tiba pindah haluan. Tetapi apa boleh buat karena masa depan ada ditangan anda, jika itu sudah menjadi tekad anda maka sah-sah saja anda merubah haluan dan banting strir untuk mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan waktu di SMK, yang penting adalah niat, peluang masa depan dari ilmu yang bakal anda pelajari di kampus.   
Lalu apa jurusan yang pas buat saya yang di SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan atau TKJ?
Jika sewaktu SMK anda jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), anda dapat memilih beberapa Program Studi di perguruan tinggi pada fakultas ilmu komputer antara lain:

  1. Teknik Komputer
  2. Teknik Informatika
  3. Sistem Komputer
  4. Manajemen informatika/ sistem informasi
Baca : Perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Komputer dan Sistem Informasi

Tetapi anda harus melihat kurikulum di perguruan tinggi tersebut, karena biasanya masing-masing perguruan tinggi memakai kurikulum yang berbeda. Pilihlah Prodi mana yang kurikulumnya nyambung dengan jurusan anda di SMK..
Lalu diantara Prodi tersebut mana yang paling sesuai dengan SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan atau TKJ?
Semua prodi tersebut basicnya sama yaitu komputer, tetapi dari prodi tersebut yang paling mendekati adalah Sistem Komputer (menurut saya), tetapi Teknik Informatika juga ada lo mata kuliah yang mempelajari Jaringan Komputer. 
Walaupun jurusan Teknik informatika fokus ke Teknik Pemograman, tetapi ada juga yang konsentrasinya di Jaringan Komputer tergantung dari kurikulum yang di gunakan oleh Perguruan Tinggi tersebut. 
Sebelum mendaftar ada baiknya anda membandingkan antara mata kuliah pada prodi-prodi  tersebut dengan kurikulum di SMK tempat anda sekolah agar anda lebih mantap dalam belajar kedepanya. 
Apabila anda ingin berkarir di bidang IT sebenarnya anda tidak harus kuliah komputer, tetapi anda wajib mempelajari apa yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaan anda. Misalkan anda ingin menjadi seorang Network Enginer lebih baik anda fokus pada Networking saja.

Baca juga : Syarat untuk menjadi Network Enginer
Apakah hanya Fakultas ilmu Komputer yang pas untuk siswa SMK jurusan Teknik Komputer atau TKJ?
Sebenarnya ilmu yang paling banyak mempelajari Jaringan Komputer adalah Ilmu Telekomunikasi yang dipelajari di STT Telkom, anda bisa mendalami ilmu jaringan komputer di sini jika memang anda akan terjun di dunia telekomunikasi. Jika anda ingin berkarir di dunia IT saya lebih menyarankan ke Fakultas Ilmu Komputer saja, Kenapa?
Karena dalam Fakultas Ilmu Komputer tidak hanya mempelajari Jaringan Komputer saja tetapi hardware dan pemograman juga banyak dipelajari. Hardware komputer dan Pemograman erat kaitanya dengan Jaringan yang jika disatukan akan menjadi ilmu IT yang luar biasa.
Untuk Jawaban dari pertanyaan ini silahkan lanjut ke artikel ini
BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

1 comment for "Kuliah yang sesuai untuk alumni SMK jurusan TKJ"

Post a Comment