Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer


Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Apa sih bedanya Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer itu?


Hampir setiap calon mahasiswa atau siswa yang sekarang masih duduk di bangku SMA/MA/SMK/SMAK sederajat dan ingin melanjutkan kuliah Jurusan Komputer atau Information Technologi (IT) dihadapkan dengan banyaknya pilihan jurusan seperti diatas. Minimnya pengetahuan tentang IT dan Komputer kadang menganggap bahwa  Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer adalah sama. Sebagian calon mahasiswa menganggap jurusan tersebut adalah sama-sama jurusan komputer yang akan mempelajari bagaimana merakit komputer/Laptop, membuat Program Aplikasi, membuat Games, Animasi dan sebagainya yang ada kaitanya dengan komputer. 

Tak heran banyak mahasiswa Jurusan IT tidak mendapatkan apa yang menjadi keinginanya saat kuliah karena Mata Kulianya diluar dugaan (bayangan) sebelumnya. Walaupun basicnya sama, yaitu komputer tetapi Jurusan tersebut memiliki perbedaan pada mata kuliah yang akan dipelajarinya. Berikut ini sedikit perbedaan antara jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi dan teknik komputer yang ada di universitas atau Perguruan Tinggi.

Baca : Kuliah yang sesuai untuk alumni SMK Jurusan TKJ

Dari 3 jurusan berikut (jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi) sebenarnya sangat mirip karena dalam jurusan ini anda tetap menemukan logika dan algoritma, pemrograman komputer, data base serta belajar cara membuat aplikasi komputer dengan berbagai platform Sistem Operasi yang berbeda walaupun dengan penekanan yang sedikit berbeda.

Untuk Jurusan Ilmu Komputer lebih condong ke arah Ilmu Komputer-nya (sains), dimana pada jurusan ini akan mempelajari lebih dalam tentang logika dan algoritma, konsep aplikasi, Sistem Operasi, jaringan komputer, dll. Walaupun demikian, pada jurusan ilmu komputer ini juga mepelajari praktek pembuatan program aplikasi dengan berbagai bahasa pemrograman yang di sesuaikan dengan kurikulum saat ini. Disamping mempelajari Pemrograman, pada jurusan ilmu komputer ini juga mempelajari praktik jaringan komputer walaupun porsinya tidak banyak.

Pada Jurusan Teknik Informatika lebih condong ke implementasi pembuatan program aplikasi dari pada belajar teorinya, karena pada jurusan Teknik Informatika ini dituntut untuk bisa coding dan menghasilkan sebuah aplikasi. Walaupun pada jurusan ini ditekankan pada pembuatan aplikasi, tetapi untuk teori juga tetap dipelajari walaupun tidak sedalam di jurusan Ilmu Komputer. Hasil akhir dari mahasiswa jurusan Teknik Informatika ini adalah bisa coding dan mampu membuat sebuah aplikasi dengan bahasa pemrograman yang di sukainya.

Jurusan Sistem Informasi merupakan jurusan yang menggabungkan konsep komputasi dengan bisnis dan management. Pada jurusan ini dituntut untuk bisa merancang aplikasi untuk kebutuhan bisnis, oleh karena itu mahasiswa pada jurusan ini harus memiliki analisa dan konsep yang baik tentang aplikasi bisnis. Hasil akhirnya adalah lulusan dari jurusan ini harus bisa membuat perancangan sebuah sistem aplikasi komputer baik untuk komputer dekstop maupun berbasis jaringan (web) untuk menunjang bisnis.

Jurusan Teknik Komputer merupakan jurusan yang lebih spesifik mempelajari hardware. Walaupun jurusan ini menggunakan nama Komputer, tetapi jurusan teknik Komputer sering berada di bawah Fakultas Teknik pada Universitas maupun Sekolah Teknik lainya. Jurusan teknik Komputer Ini sebenarnya juga mirip dengan Teknik Elektro, yang juga mempelajari tentang programming dengan menggunakan bahasa mesin. Hardware yang dipelajari pada jurusan Teknik Komputer lebih ke arah micro controller, chip atau processor komputer. Banyak yang mengira bahwa jurusan ini lebih banyak mempelajari cara merakit komputer, padahal lebih ke arah micro controlernya dibanding urusan rakit-merakit J. Sebagian mata kuliah di Jurusan Teknik Komputer juga dipelajari di Jurusan Sistem Komputer walaupun porsinya yang berbeda.

Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer diatas hanya gambaran umum, semua tergantung dari Universitas dan Kurikulum yang di gunakan, karena beda universitas kadang juga beda kurikulum yang dipakainya.
Sebaiknya jika anda mau masuk di jurusan IT atau Komputer atau Informatika atau apalah namanya, tanyakan terlebih dulu kurikulum yang dipakai, mintalah struktur kurikulum dan daftar mata kuliah yang ada, serta jangan lupa untuk melihat eksistensi dan kompetensi alumni dari jurusan tersebut

Semoga bermanfaat...

0 Response to "Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel