Peluang kerja lulusan TKJ


Peluang kerja lulusan SMK jurusan TKJ
Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan jurusan yang sangat di minati oleh calon siswa baru, ini bisa dilihat pada saat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di hampir semua SMK yang membuka jurusan TKJ tersebut. Hal ini menjadi daya tarik sendiri oleh Pengelola SMK untuk dapat menjaring Siswa Baru sebanyak banyaknya. Tak heran jika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berlomba-lomba untuk membuka jurusan TKJ ini sehingga output (lulusan) dari TKJ sangatlah banyak/ membludak. Dengan banyaknya lulusan TKJ tentunya Peluang kerja lulusan TKJ ini juga harus dipikirkan jika para alumni ini ingin langsung bekerja.
Baca : Pengenalan Jurusan TKJ

 Apa yang menjadi daya tarik jurusan TKJ?

 Perkembangan Teknologi Informasi (IT) begitu pesat, hampir semua bidang pekerjaan tak bisa lepas dari Teknologi Informasi (IT) mulai dari sektor Pertanian, Industri, Jasa maupun Perdagangan sebagian besar memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dalam pengelolaan maupun pengembangan usahanya. Hal inilah yang menjadi daya tarik Jurusan TKJ sehingga peminatnya begitu banyak. Dengan banyaknya Perusahaan yang membutuhkan IT, maka Peluang kerja lulusan TKJ semakin terbuka lebar.

Kita tahu bahwa Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu jurusan pada bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMK yang sangat diminati selain RPL dan Multimedia. Di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini banyak mempelajari perangkat keras (hardware) komputer maupun laptop sebagai dasar/ media dalam pembangunan dan pengembangan jaringan komputer. Peluang kerja lulusan TKJ sebenarnya bisa saja di isi oleh lulusan RPL maupun Multimedia dalam bidang-bidang tertentu.

Di jurusan TKJ ini tidak hanya belajar teori perangkat keras komputer, tetapi juga bakalan mempelajari bagaimana cara mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan komputer maupun laptop. Selain belajar praktik perbaikan komputer/ laptop pada jurusan TKJ ini di lebih di fokuskan pada perancangan dan implementasinya untuk jaringan LAN, WAN maupun Internet dengan media dan perangkat terbaru.


Untuk membangun jaringan LAN, WAN maupun Internet dibutuhkan perangkat jaringan pendukung seperti Mikrotik, Cisco, dll yang merupakan perangkat jaringan paling banyak digunakan oleh perusahaan saat ini. Bukan hanya itu saja, di jurusan TKJ juga belajar membangun dan mengkonfigurasi Server dengan berbagai Sistem Operasi (OS) seperti Linux, Windows, dll sehingga ketika lulus siap menjadi Administrator Jaringan Muda yang dapat mengelola sistem jaringan skala kecil maupun menengah.

Lalu,  apa peluang kerja jurusan TKJ?

Dengan melihat banyaknya materi IT yang dipelajari di SMK TKJ, maka jurusan TKJ ini memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan. Hampir semua bidang usaha dari skala rumahan sampai skala besar (Perusahaan) membutuhkan Operator Komputer, Teknisi Komputer maupun Teknisi Jaringan yang semuanya dipelajari di SMK Jurusan TKJ sehingga Lulusan TKJ dapat masuk di segala lini. Dengan melihat daftar matapelajaran smk jurusan tkj yang begitu lengkap maka lulusanya akan memiliki keterampilan sebagai bekal bekerja dimasa mendatang.

Terus Lulusan TKJ bisa kerja apa?

Peluang kerja alumni TKJ cukup banyak, bukan hanya bekerja pada perusahaan saja tetapi alumni TKJ juga bisa membuka lapangan kerja sendiri (wiraswasta). Berikut ini merupakan daftar pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh alumni SMK  Jurusan TKJ:

  • Operator komputer,
  • Teknisi Komputer/ Laptop,
  • Teknisi Jaringan,
  • Sistem Administrator/ Administrator Jaringan,
  • Dan masih banyak lainya.

Hampir semua instansi baik di instansi Pemerintah maupun swasta, Perusahaan kecil dan juga perusahaan besar membutuhkan tenaga/ karyawan yang menguasai keterampilan seperti diatas. Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) juga bisa berwirausaha dengan membuka service dan penjualan komputer/ laptop, Jasa pemasangan jaringan komputer dan internet,  RT/RW-net, Internet Service Provider, dll.

Jurusan Teknik komputer dan Jaringan (TKJ) ini juga memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik di jurusan komputer maupun jurusan lainya. Silahkan baca : Kuliah yang sesuai untuk alumni SMK Jurusan TKJ pada artikel sebelum ini.
Di era informasi seperti sekarang  ini, para lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan banyak dicari. karena hampir semua kantor membutuhkan seorang operator, teknisi komputer maupun teknisi jaringan. Jadi kamu yang memiliki hobi utak atik komputer maka tidak usah ragu untuk masuk pada jurusan ini.

Mata Pelajaran                     
A. Muatan Nasional              
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Kelas X/XI/XII)
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Kelas X/XI/XII)
3. Bahasa Indonesia (Kelas X/XI/XII)                      
4. Matematika  (Kelas X/XI/XII)       
5. Sejarah Indonesia (Kelas X/XI/XII)                      
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya (Kelas X/XI/XII)
           
B. Muatan Kewilayahan
7. Seni Budaya (Kelas X/XI/XII)
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas X/XI/XII)
                       
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian                

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital (Kelas X)
  2. Fisika (Kelas X)
  3. Kimia (Kelas X)

 C2. Dasar Program Keahlian             

  1. Sistem Komputer (Kelas X)
  2. Komputer dan Jaringan Dasar (Kelas X)
  3. Pemrograman Dasar (Kelas X)
  4. Dasar Desain Grafis (Kelas X)
C3. Kompetensi Keahlian                  
  1. Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)(Kelas XI/XII)
  2.   Administrasi Infrastruktur Jaringan (Kelas XI/XII)
  3.   Administrasi Sistem Jaringan (Kelas XI/XII)
  4.   Teknologi Layanan Jaringan (Kelas XI/XII)
  5.   Produk Kreatif dan Kewirausahaan (Kelas XI/XII)
Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Peluang kerja lulusan TKJ"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel