Cara mengatasi nslookup command not found di debian 8

Cara mengatasi nslookup command not found di debian 8
Cara mengatasi nslookup command not found di debian 8.xx

Sistem penamaan host dalam internet ada dua jenis, yaitu URL (uniform resource locator) dan IP address. Biasanya pengguna internet mengakses alamat sebuah website menggunakan URL seperti berikut ini : www.google.com, www.yahoo.com, www.facebook.com dan sebagainya. Secara umum IP address jarang dipakai, sebab kebanyakan pengguna internet memang susah untuk menghafalkan angka-angka.

Penomoran berbasis IP ini merupakan nomor unik yang hanya dimiliki oleh satu komputer yang terkoneksi di internet. Satu nomor hanya digunakan untuk satu perangkat, tetapi sebuah perangkat bisa saja memiliki banyak nomor IP.
Hubungan dari URL dan IP address ini dipetakan dengan sebuah sistem yang disebut DNS (Domain Name Service). Komputer yang berperan sebagai DNS akan meneruskan permintaan kita berupa alamat URL menjadi nomor IP yang dipetakan ke URL tersebut. DNS memungkinkan para pengguna jaringan komputer menggunakan nama seperti www.namaweb.com sebagai pengganti untuk mengganti IP address 192.168.1.1.

Setiap kali kita melakukan konfigurasi DNS Server pada linux, kita lakukan pengujian/ test apakah DNS tersebut sudah berfungsi sebagai mana mestinya atau belum. Jika sudah jalan dan berfungsi, kita dapat meneruskan konfigurasi yang lainya. Jika pada saat pengujian DNS muncul nslookup command not found  atau masih terdapat error maupun DNS belum dapat berfungsi sebagai mana mestinya, kita dapat memperbaiki konfigurasinya tersebut.

Untuk melakukan pengujian DNS kita dapat menggunakan perintah nslookup maupun dig. Pada saat pengujian sering kita jumpai pesan nslookup command not found. Jika muncul pesan seperti ini berarti kita harus menginstall dnsutils terlebih dahulu.
Paket dnsutis ini biasanya ada pada disc Binary 1 debian 8.x, lakukan perintah berikut untuk menginstall dnsutils adalah sebagai berikut:
root@server:# apt-get install dnsutils

 Cara mengatasi nslookup command not found di debian 8

Jika installasinya berhasil maka tampilanya seperti berikut:
Cara mengatasi nslookup command not found di debian 8
 Setelah selesai maka kita dapat melakukan pengujian DNS dengan menggunakan perintah nslookup, dan jika konfigurasi DNSnya benar maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
 
Cara mengatasi nslookup command not found di debian 8

Jika sudah tidak ada peringatan “nslookup command not found” seperti diatas berarti dnsutils pada server kita sudah terinstal dan berjalan dengan baik.

Semoga bermanfaat...



0 Response to "Cara mengatasi nslookup command not found di debian 8"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel