Daftar Istilah Internet yang wajib kamu ketahui

Daftar istilah Internet yang harus kamu ketahui - Jaringan Komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling komunikasi, berbagi data, aplikasi dan perangkat keras komputer lainya.

Klasifikasi Jaringan Komputer didasarkan pada lingkup geografis host-host pengisinya, jenis media transmisi yang digunakan, termasuk didalamnya adalah konfigurasi interkoneksi medianya, serta aplikasi yang digunakan untuk pertukaran informasinya. Berdasarkan lingkup geografis tersebut, klasifikasi jaringan komputer dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network) dan INTERNET (Interconnection Nerworking). Internet merupakan gabungan dari berbagai jaringan, seperti LAN dan WAN diseluruh dunia.

Dalam dunia internet, banyak sekali istilah-istilah yang belum banyak diketahui oleh awam sehingga masih banyak yang keliru dalam memahami istilah-istilah tersebut. Daftar istilah internet ini mempunyai arti yang mirip antara yang satu dan yang lainya, sebagai contoh kita sering mendengar istilah Web, Website, Homepage, dan sebagainya yang menganggap itu sama, padahal semua itu memiliki arti yang berbeda. Untuk memberikan penjelasan dari daftar istilah internet tersebut telah saya rangkum dari beberapa sumber dan pengetahuan penulis selama ini.

Berikut ini adalah daftar istilah internet yang harus kamu ketahui, agar tidak salah dalam memahami dunia internet yang perkembanganya sangat pesat ini:

Browser  atau web browser (terjemahan indonesia) merupakan aplikasi/ program komputer yang berfungsi untuk menampilkan halaman website dari situs internet. Halaman web tersebut bisa berisi text, gambar, suara maupun media audio lainya setelah ada permintaan request dari client (pengguna internet). Contoh browser antara lain: Google Chrome, Mozila Firefox, Internet Explorer, Opera, Konqueror, Safari, Netscape, dll

Website adalah kumpulan dari halaman web yang terdiri dari site-site dan dapat ditampilkan melalui browser. Halaman web ini berisi kode-kode html maupun program komputer lainya yang telah di desain sehingga dapat menampilkan site-site yang berisi text, gambar maupun audio melalui URL (Uniform Resource Locator) pada browser.

Daftar Istilah Internet yang wajib kamu ketahui




Homepage adalah halaman depan dari sebuah situs internet. Ketika kita mengetikan alamat website (situs) www.wasito.web.id  maka yang tampil adalah hompage-nya. Dalam hompage tersebut terdiri dari beberapa site yang dihubungkan oleh Link (hyperlink).

Site merupakan halaman-halaman isi dari homepage yang saling terhubung antara halaman yang satu dengan halaman yang lain sehingga membentuk sebuah website

Link (Hyperlink) adalah suatu perintah dalam bentuk text, gambar ataupun simbol yang berfungsi menghubungkan antar site dalam sebuah halaman web

IP Address atau alamat IP (alamat Internet Protocol) adalah nomor yang digunakan untuk mengindentifikasi komputer, server atau peralatan lain dalam jaringan internal maupun internet melalui protocol TCP/IP. IP Address terdiri dari serangkaian (empat bagian) angka yang dipisah dengan tanda titik (misalnya 202.134.5.155).

TCP/IP (Transfer Control Protocol/ Internet Protocol) adalah rangkaian protokol yang menjadi standar komunikasi untuk menghubungkan komputer atau server pada jaringan internet.

URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat sebuah sumber pada internet untuk mengakses halaman web. Contoh: https://www.wasito.web.id/p/about.html

Web Hosting adalah sebuah bisnis jasa layanan penyediaan penyimpanan file-file website secara online, dan layanan jaringan lainya untuk menyajikan file dan data melalui jaringan internet. Sedangkan perusahaan yang bergerak dibidang Web Hosting di sebut Webhost.

Web Master adalah seseorang yang memiliki keahlian membangun dan mengembangkan website, webmaster biasanya menguasai beberapa pemograman berbasis web seperti PHP, JAVA, CSS, dll.

Upload adalah proses mengirim/ transfer data atau file dari device (Komputer, laptop, tablet, dll) ke Server dalam jaringan. Upload biasa dikenal dengan istilah unggah (indonesia)

Download adalah proses mengambil data atau file dari server ke  device seperti Komputer, laptop, tablet, dll dalam jaringan. Download biasa dikenal dengan istilah unduh (indonesia)

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah kode dasar dalam pembuatan halaman web dalam situs internet, kode-kode html ini kemudian diterjemahkan oleh web browser sehingga membentuk tampilan informasi yang bisa di lihat pada browser.

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah protokol untuk mengirim file-file berformat HTML pada internet. Untuk dapat mengakses HTTP  dari client harus terhubung dengan Server Web sebagai penyedia HTTP Server. HTTP server ini biasanya bekerja pada port 80 (default/ standar). Protocol HTTP merupakan protokol paling penting yang digunakan di jaringan internet untuk mengakses kumpulan halaman web (World Wide Web).


WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan website diseluruh dunia yang dapat diakses melalui browser pada jaringan internet. Untuk mengakses website ini harus melalui protocol HTTP

Demikianlah daftar istilah internet yang bisa penulis sampaikan, next time akan penulis tambahkan lagi sehinga daftar istilah internet ini menjadi lengkap. Jika ada yang ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya.... 
BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Daftar Istilah Internet yang wajib kamu ketahui"

Berlangganan via Email