Klasifikasi Jaringan Komputer

Klasifikasi Jaringan Komputer  - Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer serta perangkat-perangkat pendukung lainya yang saling terhubung dalam satu kesatuan melalui media berupa kabel atau non kabel (wireless) sehingga pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi seperti dokumen dan data. Penggunaan jaringan komputer juga dapat melakukan pencetakan pada printer secara bersama-sama pada printer yang sama. Selain itu pengguna jaringan komputer juga dapat melakukan berbagi perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer / Workstation ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam setiap jaringan komputer dapat memiliki puluhan, bahkan ribuan node.

Klasifikasi Jaringan Komputer didasarkan pada lingkup geografis host-host pengisinya, jenis media transmisi yang digunakan, termasuk didalamnya adalah konfigurasi interkoneksi medianya, serta aplikasi yang digunakan untuk pertukaran informasinya. Berdasarkan lingkup geografis tersebut, klasifikasi jaringan komputer dibedakan menjadi 3 jenis yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Dari jenis jaringan tersebut yang paling banyak di gunakan adalah LAN dan WAN.

Apa perbedaan LAN, MAN dan WAN?

Berikut ini adalah penjelasan dari perbedaan jaringan LAN, MAN dan WAN tersebut

LAN (Local Area Network)

Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer  yang di implementasikan dalam lingkup geografis terbatas seperti dalam satu ruangan maupun dalam satu gedung. Komputer/ workstation yang saling terhubung tergabung dalam satu network secara fisik maupun logika.
Media implementasi pada jaringan LAN (Local Area Network) dibatasi hanya satu jenis sehingga hal ini membatasi lingkup geografis dari jaringan LAN yang radiusnya hanya sebatas jangkauan maksimal media tersebut.

Area geografis jaringan LAN hanya terbatas dalam lokal tertentu saja seperti Rumah, Kantor, atau kelompok gedung. Jaringan LAN lebih banyak menggunakan teknologi berdasar standar IEEE 802.3 Ethernet switch, atau IEEE 802.11 Wi-Fi, yang kebanyakan berjalan pada kecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps (Gigabit Ethernet).

Untuk interkoneksi, jaringan LAN menggunakan perangkat seperti HUB, Switch dan Bridge
Klasifikasi Jaringan Komputer

Untuk metode aksesnya, jaringan LAN menggunakan Ethernet, Token Ring dan FDDI yang disesuaikan dengan media fisik yang mengkoneksikannya. Berikut merupakan media akses jaringan LAN tersebut:


Ethernet
Teknologi ini terbagi atas CSMA/CD dan CSMA/CA. Metoda akses ini di implementasikan pada jenis topologi bus atau star yang banyak digunakan

CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection), di implmentasikan pada perangkat hub, dimana host pengirim terlebih dahulu akan mencari posisi penerima, selanjutnya apabila posisi host penerima telah ditemukan, maka pengiriman paket data akan dilakukan sesuai dengan jalur yang telah ditemukan.

CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access/Collision Avoidance), diimplmentasikan pada perangkat switch, proses awalnya sama dengan CSMA/CD, yaitu host pengirim akan mencari host tujuan, namun setelah posisi host tujuan ditemukan, host pengirim akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna network yang lain (pengguna jalur yang sama)

Token Ring (Token Passing)
Metoda akses ini digunakan pada topologi Ring, dimana paket data akan dikirimkan dari host pengirim menuju host penerima melalui perjalanan token (istilah untuk pembawa data).

FDDI (Fiber Distribute Data Interface)
Metoda akses ini menggunakan media Fiber Optic dan di implementasikan pada topologi FDDI.

MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN), mempunyai cakupan geografis yang lebih luas dari batasan Local Area Network (LAN). Radius yang lebih luas ini ditentukan oleh media yang meingimplementasikan jaringan komputer ini, dimana dapat digunakan lebih dari satu jenis media. Contohnya berupa koneksi antar komputer pada satu lingkup perusahaan (satu pengelola teknis), seperti koneksi kantor pusat dengan kantor cabang yang masih terdapat dalam lingkup satu daerah.


Klasifikasi Jaringan Komputer

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), merupakan integrasi dari banyak network yang saling terhubung dengan menggunakan media dan teknologi yang beragam. Kendali teknisnya pun sangat banyak, selanjutnya setelah dimuati berbagai aplikasi, jaringan komputer ini dikenal dengan nama Internet.
Perangkat yang digunakan untuk interkoneksi pada WAN diantaranya adalah router, WAN switching, modem, multiplexer dan banyak server komunikasi untuk beberapa aplikasi jaringan komputer.


Klasifikasi Jaringan Komputer
Jaringan WAN menggunakan koneksi:
1. PPP (Point to point protocol)
2. Frame Relay, termasuk salah satu contohnya adalah implementasi ISDN.
3. DSL, dikenal dengan koneksi broadband, implementasi dilapangan banyak teknologi broadband yang mengadopsi teknologi DSL, yaitu :
  • Asymmetric DSL (ADSL)
  • Symmetric DSL (SDSL)
  • G.SHDSL
  • Very-high-data-rate DSL (VDSL)
  • High-data-rate DSL (HDSL)
Pada dasarnya tidak ada perbedaan pada jenis media dan perangkat yang dapat digunakan dalam ketiga klasifikasi jaringan LAN, MAN dan WAN. Yang membedakan hanya pada implementasi Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN) harus menggunakan perangkat Router yang berfungsi untuk menghubungkan satu network dengan network yang lainnya.

Untuk dapat membedakan jaringan LAN, MAN dan WAN dapat melihat tabel keterangan dibawah ini

Klasifikasi Jaringan Komputer

BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Klasifikasi Jaringan Komputer"

Berlangganan via Email