Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over

Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over - Kabel Twisted Pair merupakan media transmisi data dalam jaringan komputer berbasis kabel yang cukup populer. Kabel ini terdiri atas dua kawat yang disusun dan disekat dalam suatu pola spiral beraturan. Sepasang kawat bertindak sebagai satu jalur komunikasi tunggal. Beberapa pasang kawat (isi kabel) di bundle menjadi satu kabel dengan cara dibungkus dalam sebuah pelindung yang lebih keras. Masing-masing kawat diberi warna yang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam proses pengkabelan/wiringnya, terutama dalam pemasangan kabel ke dalam konektor. Konektor yang digunakan untuk jenis kabel ini adalah konektor seri Registered Jack (RJ), dan tergantung dari jenis kategorinya. Untuk kategori 2 sampai 4 menggunakan RJ 11 (4-pin), sedangkan untuk kategori 5 keatas menggunakan RJ 45. (8 pin).

Pada kabel twisted pair kategori 5 atau 6 yang terdiri atas 8 kawat tunggal dengan susunan warna sebagai berikut: :

Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over

  1. White Orange
  2. Orange
  3. White Green
  4. Green
  5. White Blue
  6. Blue
  7. White Brown
  8. Brown


Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over - Kabel jenis twisted pair terdiri atas beberapa kategori didasarkan pada karakteristik transmisinya sehingga masing-masing kategori mempunyai laju data yang berbeda untuk bermacam aplikasi komunikasi.
  1.  Kategori 1 hanya digunakan untuk komunikasi suara, biasanya digunakan untuk kabel telepon. Sebelumnya kategori 1 ini dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) dan ISDN.
  2. Kategori 2 dapat menghubungkan perangkat yang karakteristik transmisinya sampai dengan 4 Mbps (LocalTalk).
  3. Kategori 3 digunakan untuk komunikasi yang transmisinya dengan maksimum laju data sampai dengan 10 Mbps – 16 Mbps (Ethernet).
  4. Kategori 4 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik laju transmisinya s/d 20 MHz (16 Mbps Token Ring).
  5. Kategori 5 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik transmisinya s/d 100 MHz. dikenal dengan istilah Fast Ethernet.
  6. Katgori 5e merupakan perbaikan kualitas dari kategori 5 walaupun laju data tetap pada 100 Mbps.
  7. Kategori 6 dan Kategori 7 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik transmisinya 250 Mbps – 600 Mbps (kualitas baik dapat menyampaikan data dengan laju 1 Gbps). dikenal dengan istilah Gigabit Ethernet
Pemasangan dengan Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over ke dalam konektor memiliki aturan/susunan yang sudah distandarkan secara internasional. Dalam pemasangan ini tidak boleh asal, harus sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Ada 2 standar susunan warna dalam pemasangan konektor pada kabel, yaitu TIA 568 A dan TIA 568 B.
Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over

Interkoneksi sepasang konektor RJ 45 pada satu segmen twisted pair dapat dilakukan dengan tiga pilihan koneksi yaitu :
  • Straight Through : yaitu penyusunan kabel pada kedua konektor menggunakan standar TIA 568 B, susunan kabel dengan mode Straight ini digunakan untuk menghubungkan dua perangkat dengan fungsi yang berbeda, contoh PC dengan Switch/Hub, Router dengan Switch/Hub, dll.
Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over
  • Cross Over : yaitu penyusunan kabel pada kedua konektor dilakukan berbeda, dimana salah satu ujung kabel menggunakan standar TIA 568A, dan sisi yang lain menggunakan standar TIA 568B. Susunan mode Cross Over ini digunakan untuk mengkoneksikan perangkat dengan fungsi yang sama. contoh mengkoneksikan PC ke PC, antar router atau mengkoneksikan antar swicth
Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over
  • Roll Over : penyusunan kabel pada salah satu ujung kabel menggunakan standar TIA 568B, sedangkan sisi yang lain disusun sebaliknya..
Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over

Susunan ini digunakan untuk mengkoneksikan PC dengan Dedicated Router/Manageable Switch dalam keperluan melakukan konfigurasi dengan menggunakan port console disisi perangkat yang dikonfigurasikan, sedangkan pada bagian komputer personal disambungkan pada terminal serial dengan bantuan adaptor DB9 ke RJ 45.
Kondisi konfigurasi untuk port COM di set 9600 bps, 8 data bits, no parity, 1 stop bit, no flow control.

Demikian pemasangan susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over pada konektor RJ45 yang paling banyak digunakan dalam membuat jaringan komputer.
BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Susunan Kabel Straight, Cross dan Roll Over"

Berlangganan via Email