Apa perbedaan Moodle, Edmodo, dan Schoology? Dan apa kelebihan dan kekurangan Moodle, Edmodo, dan Schoology tersebut?

Apa perbedaan Moodle, Edmodo, dan Schoology? Dan apa kelebihan dan kekurangan Moodle, Edmodo, dan Schoology tersebut?.

Banyak LMS yang bisa digunakan untuk membuat pembelajaran online, sehingga sebagian dari penggunanya bingun menentukan LMS mana yang paling cocok digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dibawah ini merupakan jawaban dari pertanyaan diatas, baik dari segi pengelolaan maupun penggunaan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Moodle

Apa perbedaan Moodle, Edmodo, dan Schoology? Dan apa kelebihan dan kekurangan Moodle, Edmodo, dan Schoology

Moodle merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang bersifat free dan open source. Moodle dapat di download, dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi GNU (General Public License) untuk kepentingan pembelajaran secara daring.

Moodle dapat disetarakan dengan wordpress, joomla, drupal dan CMS lainya, hanya saja moodle digunakan untuk LMS (Learning Management System) yang memudahkan orang awam untuk membangun dan memanajemen sistem pembelajaran berbasis web sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dengan menggunakan moodle, lembaga pendidikan dapat membangun sistem pengajaran secara online sehingga kegiatan belajar mengajar dapat tetap berjalan walaupun tanpa tatap muka secara langsung.

Dengan menggunakan moodle, para guru dan pelajar dapat memasuki ruang kelas digital (kelas maya), dimana kegiatan belajar-mengajar dapat dilakukan tanpa tatap muka secara langsung. Kegiatan belajar mengajar tersebut bisa berupa diskusi materi, pemberian tugas (guru), mengerjakan dan mengirim tugas (siswa), ujian secara daring, ujian online dan sebagainya.

Moodle dapat di download dan di install pada komputer/ laptop secara offline (local). Untuk dapat digunakan secara daring (intranet maupun internet ) sebuah instansi pendidikan ataupun perorangan haruslah mengerti tools-tools atau peralatan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah sistem pembelajaran berbasis web. Tools yang digunakan bisa berupa perangkat lunak maupun perangkat keras, selain tools-tools diatas yang perlu dipersiapkan untuk membangun sistem pembelajaran berbasis model adalah sistem jaringanya baik intranet maupun internet.

Sebuah instansi atau lembaga pendidikan harus memiliki personil yang mengerti tentang sistem informasi berbasis web untuk dapat menginstall dan mengadministrasi moodle. Karena bersifat open source, moodle dapat dimodifikasi dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pendidikan

Edmodo

Apa perbedaan Moodle, Edmodo, dan Schoology? Dan apa kelebihan dan kekurangan Moodle, Edmodo, dan Schoology

Berbeda dengan Moodle, Edmodo merupakan LMS (Learning Managemen System) yang mirip dengan media jejaring sosial facebook. Walaupun dari segi tampilan mirip facebook tetapi tujuan pembangunan edmodo adalah khusus untuk kegiatan dalam bidang pendidikan. Dalam menggunakan edmodo, guru dan siswa tidak perlu memahami sistem berbasis web, tetapi yang perlu mereka pahami adalah bagaimana cara berinteraksi dan komunikasi menggunakan jejaring media sosial. Sekarang ini pengguna jejaring media sosial tidak terbatas pada orang dewasa saja, melainkan semua kalangan telah menggunakanya.

Dalam situs edmodo ini, bukan hanya siswa dan guru saja yang dapat berinteraksi, melainkan orang tua siswa juga dapat berinteraksi jika memiliki akun dan diberi akses untuk ikut berkomunikasi dengan guru sehingga dapat melihat perkembangan anaknya selama mengikuti pembelajaran.

Edmodo adalah LMS (Learning Managemen System) yang dapat digunakan di dalam kelas maupun luar kelas secara online. Dengan Edmodo, dapat membantu guru yang berhalangan hadir dan tidak bisa mengajar di kelas dengan memberikan materi pembelajaran secara online.

Dalam Edmodo, Guru bisa memberikan materi belajar, tugas-tugas yang terjadwal sehingga bisa ditentukan waktu pengumpulannya. Siswa dapat mengerjakan tugas-tugasnya kemudian mengirimkanya kembali dengan cara meng-upload tugas tersebut. Selain mengirimkan tugas, ujian (quiz) siswa juga bisa berbagi pemikiran atau ide lewat posting-nya di Edmodo.

Dalam edmodo, memungkinkan interaksi antara guru, siswa dan orang tua siswa turut terlibat dalam pembelajaran. Edmodo sangatlah user friendly, dimana tampilannya dirancang menyerupai dengan tampilan facebook, sehingga mudah dipahami oleh guru dan siswa

Edmodo memiliki sistem yang yang tidak bisa di modifikasi seperti moodle. Pengguna edmodo tidak bisa merubah tampilan maupun sistem sesuai dengan keinginan. Pengguna edmodo (guru, siswa, dan orang tua) harus mengikuti cara kerja edmodo untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar. Walaupun harus mengikuti cara kerja edmodo, tetapi hal ini cukup familiar dan terbilang mudah. Edmodo memiliki sistem yang mirip dengan facebook, saat ini banyak tutorial-tutorial yang membahas edmodo sehingga penggunaan edmodo semakin mudah.

Untuk dapat menggunakan edmodo, tidak perlu mendownload dan menginstall aplikasi khusus. Guru dan siswa cukup membuka web browser yang rata-rata telah dimiliki oleh setiap Sistem Operasi (OS) yang ada di Komputer/Laptop/Tablet maupun Smartphone dengan catatan perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Schoology

Apa perbedaan Moodle, Edmodo, dan Schoology? Dan apa kelebihan dan kekurangan Moodle, Edmodo, dan Schoology

Walaupun penggunanya tak sebanyak edmodo tapi schoology tak kalah menarik dengan edmodo, fitur-fitur pada schoology juga mirip dengan fitur yang ada pada edmodo. Schoology cocok digunakan untuk segala jenjang pendidikan dan yang paling penting adalah kemudahan dalam penggunaanya. Karena berbasis web maka schoology dapat diakses menggunakan komputer, laptop maupun smartphone kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet.

Untuk dapat menggunakan Schoology, tidak perlu mendownload dan menginstall aplikasi khusus. Guru dan siswa cukup membuka web browser yang rata-rata telah dimiliki oleh setiap Sistem Operasi (OS) yang ada di Komputer/Laptop/Tablet maupun Smartphone dengan catatan perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Untuk mengakses SCHOOLOGY silahkan kunjungi https://schoology.com

Kelebihan dan kekurangan Moodle, Edmodo dan Schoology
Kelebihan Moodle

· Sistem jaringan dan keamanannya dapat disetting sendiri
· Ruang akses yang dapat dibatasi sesuai dengan jaringan yang dibuat
· Sistem pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan (karena bersifat Open source)
· Fitur yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh

Kekuranga Moodle

· Membutuhkan pemahaman lebih tentang sistem
· Perlunya tenaga ahli untuk membangun sistem e-learningnya
· Membutuhkan biaya lebih
· Memerlukan hardware khusus
· Harus menginstall aplikasi khusus

Kelebihan Edmodo

· Mudah diakses
· User friendly
· Fitur yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh
· Biaya minimal
· Mudah diaplikasikan pada berbagai kalangan pendidikan
· Tidak memerlukan hardware khusus
· Tidak harus menginstall aplikasi khusus

Kekurangan Edmodo
· Sistem yang tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan
· Memerlukan akses internet

Kelebihan Schoology

· Mudah diakses secara online
· User friendly
· Fitur yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh
· Biaya minimal
· Mudah diaplikasikan pada berbagai kalangan pendidikan
· Tidak memerlukan hardware khusus
· Tidak harus menginstall aplikasi khusus

Kekurangan Schoology
· Sistem yang tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan
· Memerlukan akses internet

Demikian perbedaan Moodle, Edmodo, dan Schoology serta kelebihan dan kekurangan Moodle, Edmodo, dan Schoology tersebut

Sumber: wasito.info

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel