Perbedaan antara Website dan Blog

Perbedaan antara Website dan Blog - Sebelum kita memulai membangun sebuah Blog, pertama yang harus kita pahami adalah pengertian dan apa maksud dari membangun blog itu sendiri. Kebanyakan para netisen dan penulis pemula masih belum bisa membedakan antara Blog dan Website, padahal kalau kita lihat lebih jauh keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Sebelum kita memulai membangun blog, mari kita lihat terlebih dahulu pengertian dari Blog dan Website, serta apa perbedaan antara Website dan Blog itu sendiri. Dengan mengetahui pengertian serta perbedaan dari keduanya itu kita bisa menentukan apakah yang kita butuhkan sebuah Blog atau Website, sehingga kita dapat lebih fokus dalam mengelolanya.

Sekilas memang tampak tidak ada Perbedaan antara Website dan Blog, untuk dapat mengetahuinya, berikut kita jelaskan secara singkat apa itu blog dan apa itu website.


WEBSITE

Perbedaan antara Website dan Blog

Website adalah sebuah laman situs yang terhubung dalam satu domain. Biasanya website dikelola oleh perusahaan, instansi, organisasi dan juga individu sebagai sarana publikasi informasi

BLOG

Perbedaan antara Website dan Blog

Blog adalah kependekan dari Web blog, dalam blog biasanya berisi konten-konten yang bersifat pengalaman, aktifitas penulis, opini maupun hanya catatan – catatan harian pembuat blog.

Dengan definisi diatas, bisa digambarkan bahwa keduanya memiliki tujuan yang berbeda walaupun sekilas sama.

Blog merupakan salah satu tipe website yang sederhana dan cukup mudah dikelola, blog ini cukup populer dan memiliki komunitas tersendiri yang biasa dikenal dengan istilah Blogger. Para blogger ini memanfaatkan platform gratis dari penyedia web blog seperti Blogspot dan Wordpress.

Baca: Perbedaan Blogspot dan Wordpress

Untuk membangun blog tidak memerlukan skill khusus karena semua fasilitas dan tolls untuk membuat blog sudah disiapkan oleh blogspot maupun wordpress. Pengguna cukup mendaftar pada platform tersebut untuk mendapatkan akun yang kemudian digunakan dapat digunakan untuk mengelola blog tersebut.

Berbeda halnya dengan Website, yang merupakan laman situs dan terhubung dalam satu domain. Website ini bisa dibangun dengan platform CMS (Content Management System) maupun dapat juga dengan develop sendiri. Untuk membangun sebuah website diperlukan pemahaman tentang Domain dan Hosting sebagai alamat dan tempat untuk menempatkan file-file web kita agar dapat diakses oleh pengunjung. Penamaan domain biasanya dibuat unik, simple dan menarik.

Nama domain biasanya mengambil dari Brand atau nama suatu instansi maupun organisasi. Sebagai contoh penamaan domain untuk perusahaan akan menggunakan nama perusahaanya kemudian di ikuti nama domainya (ex: https://gramedia.co.id) sedangkan untuk website pemerintahan akan menggunakan domain GO.ID dibelakang nama instansinya misal (https://bkn.go.id) yang merupakan alamat websitenya Badan Kepegawaian Negara.

Bagi perusahaan maupun Instansi yang akan membangun sebuah website dengan layanan khusus seperti layanan online, pendaftaran online, dan lainya maka diperlukan tenaga yang memiliki sklill khusus pemograman web (programmer web). Banyak programmer web yang memberikan jasa develop website dan aplikasi berbasis web yang siap memberikan layanan pembuatan website dengan kustumisasi sesuai dengan kebutuhan pelangganya. Para programmer web inilah yang biasa dikenal dengan istilah web developer.

Demikian penjelasan sederhana perbedaan antara Blog dan Website, semoga membantu…
BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Perbedaan antara Website dan Blog"

Berlangganan via Email