KONEKSI ANTAR MATERI – Modul 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Pada materi Koneksi Antar Materi Modul 1.2. Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak, peserta Calon Guru Penggerak (CGP) diharapkan mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak serta kaitanya dengan modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara

Berdasarkan model Refleksi 4P, saya mencoba menuliskan Koneksi Antar Materi modul 1.2 sesuai dengan pemahaman yang saya pelajari di modul 1.1 dan modul 1.2 ini.

Koneksi antar materi modul 1.2. nilai dan peran guru penggerak


PERISTIWA

Pada saat mulai mempelajari modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara, saya mulai meng-ingat kembali sewaktu SD. Pada saat saya SD sering menuliskan kalimat ING NGARSA SUNG TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI pada kertas karton sebagai tugas kerajinan tangan yang diberikan oleh guru.

Pada modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara saya tertarik dengan definisi Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara bahwa Pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Setiap anak memiliki kodrat alam dan kodrat zamanya masing-masing sehingga seorang guru harus paham akan hal itu. Kodrat alam dan kodrat zaman inilah yang paling menarik bagi saya, apalagi saat ini perkembangan Teknologi Informasi begitu cepat sehingga guru bukan lagi sebagai sumber ilmu. Tugas guru salah satunya adalah sebagai Penuntun bagi muridnya untuk dapat menggali potensi yang ada pada dirinya, menumbuh kembangkan bakat minat sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamanya masing-masing.

Saya sebagai guru Teknik Komputer dan Jaringan di SMK harus mampu memahami bahwa setiap anak mempunyai kodrat alam yang berbeda sehingga memiliki perilaku, sifat, sikap dan motivasi yang berbeda berdasarkan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat di mana murid berada.

Sebagai seorang guru saya harus menuntun murid-murid saya dalam memilah dan menyaring informasi yang masuk sesuai dengan fase belajar murid. Tuntunan sebaik apapun, apabila tidak mempertimbangkan kodrat alam yang sesuai, maka murid akan sulit untuk dapat menggali bakat minat yang dimilikinya.

Kemudian setelah mempelajari modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak, saya mendapatkan pemahaman baru lagi terkait dengan tugas saya sebagai guru Teknik Komputer dan Jaringan. Pemahaman baru pada modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak salah satunya adalah pembelajaran yang berpihak pada murid, oleh karena itu ketika saya mengajar harus lebih memahami bakat dan minat yang dimiliki murid.

Dalam melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid, saya memberikan projek individu maupun kelompok sesuai dengan materi pembelajaran. Projek antara siswa satu dengan lainya bisa berbeda, tergantung dari bakat minat yang dimiliki anak, tetapi masih dalam batas- batas yang ditentukan berdasarkan pokok bahasan materi pembelajaran.

Karena projek antar siswa bisa berbeda maka saya harus berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain, wali kelas, serta orang tua murid terkait dengan alat dan bahan, serta waktu untuk mengerjakan projek tersebut.

Keterkaitan antara modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah guru seharusnya mampu menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan cara menuntun murid-murid untuk dapat menggali potensi-potensi yang ada pada murid yang masih terpendam seperti teori gunung es, sehingga murid-murid mampu menemukan dan mengembangkan bakat minat yang dimilikinya.


PERASAAN

Setelah mempelajari modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak saya mendapatkan pemahaman yang luar biasa terkait dengan filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, terutama pembelajaran yang berpihak pada murid. Selama ini pemahaman saya, guru adalah sebagai sentral dalam hal pembelajaran murid baik di kelas maupun di luar kelas. Tetapi setelah mempelajari modul ini saya menyadari bahwa peran guru sesungguhnya adalah “menuntun” murid-murid untuk dapat menggali potensi yang ada pada dirinya sehingga murid-murid mampu menemukan bakat minat yang di miliki.


PEMBELAJARAN

Sebelum mempelajari modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak saya menganggap bahwa setiap murid memiliki kewajiban yang sama, yaitu mampu menguasai materi pelajaran yang saya sampaikan dan tidak peduli mereka suka atau tidak suka. Dalam pembelajaran dituntut oleh capaian kurikulum sehingga tidak tercipta pembelajaran yang menyenangkan, dan terkesan monoton.

Sekarang saya menyadari bahwa ternyata murid-murid memiliki kodrat alam dan kodrat zaman yang berbeda, sehingga di perlukan peran guru yang reflektif untuk menciptakan suasana belajar yang berpihak pada murid. Tugas saya sebagai guru adalah membimbing sehingga murid-murid dapat menggali potensinya, serta menumbuh kembangkan bakat minat yang dimilikinya.


RENCANA KE DEPAN

1. Untuk pengembangan diri, saya akan mengikuti program Up-Skilling maupun Re-Skilling yang di adakan oleh pemerintah dan Industri melalui Direktorat Jendral Vokasi. Selain itu saya juga akan mengikuti kegiatan- kegiatan yang dapat menambah wawasan dan keterampilan saya sebagai pendidik yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta, maupun komunitas, serta belajar secara mandiri.

2. Aktif mengikuti kegiatan MGMP sebagai wadah guru mata pelajaran untuk sharing pengalaman serta meningkatkan kompetensi diri Bersama guru-guru lain.

3. Selalu merefleksikan setiap kegiatan Pembelajaran sehingga mendapat umpan balik tentang pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan, baik dari murid maupun dari teman sejawat.

4. Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain dalam rangka mengembangkan materi pembelajaran untuk dapat menggali bakat minat yang dimiliki murid.

5. Berkreasi dan berinovasi untuk menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan, serta kegiatan-kegiatan sekolah lainnya.

6. Melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid, baik di kelas maupun di luar kelas sehingga murid-murid merasa senang dalam belajar
BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "KONEKSI ANTAR MATERI – Modul 1.2. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK"