Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.4 Budaya Positif

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.4 Budaya Positif ini merupakan dokumentasi tugas Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 yang saya kirim di LMS. Sebagai dokumentasi pribadi yang dapat di buka kapanpun dan dimanapun melalui jaringan internet ketika nanti Pendidikan Guru Penggerak sudah selesai di laksanakan.

Dalam menuliskan jurnal refleksi Dwimingguan modul 1.4 ini saya menggunakan model 4F / 4P yaitu Facts/Peristiwa, Feelings / Perasaan, Findings / Pembelajaran, Future / Penerapan yang merupakan materi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6. Jurnal refleksi Dwimingguan modul 1.4 ini di tulis untuk memenuhi Tugas pada LMS. Berikut ini penjelasan : 

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.4 Budaya Positif

1. Peristiwa (Facts)

Materi modul 1.4 Budaya Positif ini dimulai pada bulan Oktober tahun 2022. Materi di awali tentang mulai dari diri, yaitu Calon Guru Penggerak diminta membuat catatan dan pertanyaan tentang kasus atau persoalan yang diberikan dalam LMS. Kemudian berikutnya masuk pada materi eksplorasi konsep, dimana kegiatan ini dilakukan secara mandiri di dalam LMS.

Pada materi eksplorasi konsep yaitu disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan universal, Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Keyakinan Kelas, Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas, Restitusi - Lima Posisi Kontrol, Restitusi - Segitiga Restitusi yang cukup banyak untuk di pelajari.

Kemudian pada tanggal 13 Oktober tahun 2022 masuk pada kegiatan eksplorasi konsep pada forum diskusi asinkronus pada LMS. Pada materi eksplorasi konsep sesi forum diskusi ini CGP memahami konsep budaya positif dan saling berdiskusi dengan CGP lain dengan saling member komentar dan masukan sebagai penguatan dalam mempelajari modul 1.4 Budaya Positif.

Kemudian setelah melakukan diskusi di LMS dilanjutkan dengan Ruang Kolaborasi yang di pandu oleh fasilitator melalui google meet. Pada oktober 2022 dengan di pandu oleh fasilitator di ruang kolaborasi, kami bersama CGP lain melakukan diskusi secara berkelompok. Fasilitator memandu dan mendampingi kami untuk berdiskusi dalam kelompok kecil yang sudah di bagi sebelumnya.

Saya berada pada kelompok 3, dengan tiga orang teman lainnya yaitu ibu Dwi Nuryani, Indah Septiana, dan Jun Khasanah. Dalam hal ini kami sebagai CGP diberi tugas untuk dapat menganalisis kasus-kasus yang disediakan berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif bersama CGP lain dalam Komunitas Praktisi. Masalah yang di analisis adalah 4 kasus masalah murid di sekolah. Kami secara berkelompok mendiskusikan dan menjawab pertanyaan-pertayaan sehubungan dengan kasus yang terjadi yang dihubungkan dengan materi dalam budaya positif.

Pada tanggal 18 Oktober 2022, dilanjutkan dengan kegiatannya kolaborasi ruang diskusi sesi presentasi. Pada sesi ini masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kemudian kelompok lain menanggapi dan memberikan masukan terhadap tugas kelompok temannya. Setelah presentasi, dan di berikan masukan oleh kelompok lain, tugas kelompok kami mendapat masukan sehingga perlu ada perbaikan agar semakin baik sebelum diunggah ke LMS.

Setelah perbaikan tugas kami di unggah pada LMS, selanjutnya tanggal 18-19 Oktober 2022 kami melanjutkan materi Demonstrasi Kontekstual. Dalam kegiatan Demonstasi Kontekstual ini kami diminta mempraktikkan segitiga restitusi untuk masalah atau kasus yang dilakukan murid di sekolah. Untuk mempraktikan-nya, kami diminta membuat scenario singkat dan memerankan kasus tersebut bersama siswa.

Saat itu saya merestitusi siswa yang melakukan pelanggaran sekolah, yaitu siswa datang terlambat. Saat itu ada beberapa murid saya yang datang terlambat ke sekolah dengan berbagai alasan yang di kemukakan oleh mereka. Pada saat melakukan restitusi terhadap murid yang terlambat, saya juga merekam kegiatan tersebut sebagai Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif.

Pada tanggal 21 Oktober 2022 dilanjutkan dengan kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama instruktur melalui google meeting. Pada sesi Elaborasi Pemahaman ini kami di pandu oleh Bapak Nunuk Riza Puji (NUNO) sebagai instruktur. Bapak NUNO memberikan paparan materi budaya positif secara jelas sehingga materi budaya positif makin dipahami oleh saya dan CGP lainya. Setelah itu saya sebagai CGP diminta menjelaskan hubungan budaya positif dengan materi pada Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional – Ki Hadjar Dewantara, Modul 1.2 Nilai- nilai dan Peran Guru Penggerak dan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak pada sesi koneksi antar materi.

Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Budaya Positif saya tulis dalam bentuk artikel pada LMS. Selain di upload dalam LMS saya juga mendokumentasikan pada blog pribadi saya yang saya sematkan dalam LMS sebagai link eksternal. Setelah selesai mengerjakan tugas Koneksi Antar materi, selanjutnya kami memasuki sesi akhir pembelajaran modul 1.4 Budaya Positif, yaitu Aksi Nyata. Kami sebagai CGP diberi waktu empat minggu sampai tanggal 21 November 2022 untuk membuat Aksi Nyata.

Sebelum melakukan Aksi Nyata, saya membuat rancangan dalam bentuk lini masa tindakan yang akan dilakukan. Berikut ini lini masa tindakan yang dilakukan untuk aksi nyata modul 1.4 Pudaya Positif:

Linimasa Tindakan yang akan dilakukan

  1. [27 Oktober 2022] Menyusun rancangan tindakan
  2. [29 Oktober 2022] Mensosialisasikan rancangan tindakan kepada kepala sekolah dan rekan sejawat
  3. [1 – 3 November 2022] Mengumpulkan data dan informasi terkait dengan budaya positif disekolah, dengan melakukan survey menggunakan google form ke siswa da guru.
  4. [4 November 2022] Melakukan rekapitulasi data hasil survey
  5. [5 – 8 November 2022] Melakukan aksi
  6. [9 November 2022] Evaluasi

Dukungan yang diperlukan
  1. Semua warga sekolah
  2. LCD Proyektor
  3. Laptop/Komputer
  4. Jaringan Internet
  5. Google Form


Semua daya dukung tersebut sudah tersedia di sekolah sehingga tidak memerlukan alat dan bahan yang belum dimiliki oleh sekolah.

2. Perasaan. (Feelings)

Selama mengikuti materi pada modul 1.4 Budaya Positif, saya merasa senang dan bersemangat karena pada materi ini dapat langsung di praktikan di sekolah, dan materi ini merupakan materi yang paling sering di temui dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti Pelatihan Guru Penggerak (PGP) ini karena dengan demikian saya dapat lebih memahami tentang budaya positif di sekolah sehingga dapat langsung di terapkan. Materi pada modul 1.4 ini merupakan modal bagi saya untuk mendidik murid di sekolah dan juga mendidik anak-anak saya di rumah.

3. Pembelajaran (Findings)

Pembelajaran yang dapat saya ambil dari kegiatan belajar modul 1.4 Budaya Positif ini adalah saya mengetahui bahwa untuk menciptkan budaya positif di sekolah sangat dituntut kerja sama dan kekompakan serta keselarasan dari semua pihak di sekolah. Budaya Positif tidak bisa diciptakan oleh satu orang saja, melainkan harus ada kerjasama dan dukungan dari semua pihak, termasuk orang tua dan wali murid.

Kerja sama dan kolaborasi yang baik dari semua unsur akan memudahkan terciptanya budaya positif dan juga terbentuknya Profil Pelajar Pancasila di kalangan murid. Semoga warga sekolah saya bisa lebih meningkatkan terciptanya budaya positif ini di sekolah.

4. Penerapan. (Future)

saya akan terus berupaya berkolaborasi untuk dapat menciptakan dan menerapkan budaya positif ini di sekolah. Agar memudahkan dan mendapat hasil yang maksimal maka saya berusaha untuk mengajak rekan-rekan guru lainya berkolaborasi untuk mewujudkan budaya positif. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja, melainkan harus di lakukan oleh semua stack holder di sekolah. 

Selain itu, saya juga berusaha untuk dapat mengimbaskan materi yang di dapat pada modul 1.4 ini kepada rekan guru lainya, sehingga dapat terjalin kerjasama yang baik dalam menerapkan budaya positif di sekolah. 

Kerjasama yang baik dengan seluruh warga sekolah akan lebih memudahkan saya sebagai guru penggerak menerapkan budaya positif di sekolah. Semoga dalam penerapannya selalu di dukung oleh semua pihak dan diberi kemudahan oleh Allah SWT. Aamiin…

BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.4 Budaya Positif"