Pengertian Router dan Jenisnya

Router merupakan sebuah perangkat (alat) yang berfungsi untuk meneruskan/melewatkan paket data dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain, dengan kata lain router adalah alat yang berfungsi mengirim dan meneruskan paket data antar network melalui sebuah jaringan LAN maupun Internet menuju tujuannya. Proses meneruskan/melewatkan paket data antar netwok ini dikenal dengan routing. Proses routing ini terjadi pada lapisan ke 3 pada OSI (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol).

Router juga memiliki fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mengaktifkan dan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address dari pemberi IP (DHCP Server) ke penerima IP client (DHCP Client). Agar router bisa melakukan routing, maka kita harus membuat (setting) NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain.


Tujuan penggunaan Router adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, kumpulan jaringan kecil yang membentuk sebuah jaringan yang lebih besar itu selanjutnya disebut dengan internetwork. Selain itu router juga dapat digunakan untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork, dengan tujuan  untuk meningkatkan kinerja jaringan dan juga mempermudah dalam manajemennya.


Router juga kadang digunakan untuk mengkoneksikan dua buah jaringan atau lebih dengan menggunakan media koneksi yang berbeda (seperti halnya router wireless yang umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

JENIS JENIS ROUTER

Pengertian Router dan JenisnyaROUTER APLIKASI

Router aplikasi merupakan aplikasi yang dapat di install pada sistem operasi, dengan menginstall aplikasi tersebut maka sistem operasi akan memiliki kemampuan seperti router.
contoh aplikasi ini adalah :
  • Winroute,
  • WinGate,
  • SpyGate,
  • WinProxy dan lain-lain.



Pengertian Router dan JenisnyaROUTER HARDWARE

Router Hardware adalah perangkat yang memiliki kemampuan melakukan routing seperti router, sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address dan men-sharing IP Address. Router hardware ini biasanya digunakan untuk membagi koneksi internet pada suatu ruang atau wilayah melalui wireles, contoh dari router ini adalah access point, wilayah yang dapat mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut HotSpot Area.


Pengertian Router dan JenisnyaROUTER PC

Router PC adalah sebuah Komputer/ PC yang telah di install Sistem Operasi yang dapat di konfigurasi dan difungsikan sebagai router. PC yang telah di install Sistem Operasi ini memiliki fasilitas untuk dapat melewatkan paket data antar jaringan menggunakan protocol TCP/IP. Router PC ini cukup stabil digunakan pada jaringan-jaringan kecil seperti di kantor, sekolah, dll. Selain stabil Router PC ini juga “murah”, untuk membuat PC router tidak diperlukan PC baru, dengan memanfaatkan PC tuapun bisa. Kita bisa memilih Sistem Operasi yang ringan seperti Microtik dan Linux maka PC tua dapat di fungsikan sebagai router.

Sistem operasi yang dapat digunakan dan di install pada PC sehingga bisa berfungsi sebagai router adalah:
  • Windows Server
  • Linux
  • MikroTik OS.
BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Pengertian Router dan Jenisnya"

Berlangganan via Email