Pengertian dan manfaat Jaringan Komputer

Pengertian dan manfaat Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer serta perangkat-perangkat pendukung lainya yang saling terhubung dalam satu kesatuan melalui media berupa kabel atau non kabel (wireless) sehingga pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi seperti dokumen dan data. Penggunaan jaringan komputer juga dapat melakukan pencetakan pada printer secara bersama-sama pada printer yang sama. Selain itu pengguna jaringan komputer juga dapat melakukan berbagi perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam setiap jaringan komputer dapat memiliki puluhan, bahkan ribuan node.

Atau dalam arti lain, jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan antar satu dengan yang lainya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling bertukar informasi, program-program serta penggunaan perangkat keras seperti printer, hardisk, scaner dan sebagainya. Jaringan komputer terdiri dari LAN, MAN, WAN dan Internet. Untuk lebih memahami Daftar istilah jaringan komputer silahkan baca materi terdahulu

Manfaat Jaringan Komputer adalah:
  • Sharing Resource : Sharing resource bertujuan agar seluruh program, peralatan atau perangkat lainya dapat dimanfaatkan oleh setiap pengguna jaringan komputer tersebut tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pemakai/ user.
  • Media Komunikasi: Jaringan Komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar user/pengguna untuk pengiriman data, pesan dan bahkan teleconfrece kapan saja dan dari mana saja.
  • Integrasi Data: Jaringan Komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja melainkan dapat di distribusikan ke tempat lainya. Dengan demikian maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
  • Pengembangan dan Pemeliharaan: Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya karena setiap pembelian perangkat seperti printer, scanner, dan lainya dapat digunakan secara bersama-sama. Jaringan komputer juga dapat memudahkan dalam merawat hardisk dan peralatan lainya.
  • Keamanan Data: Sistem Jaringan komputer dapat memberikan perlindungan data. Dengan memberikan hak akses kepada pengguna sesuai dengan kebutuhanya.
  • Efisiensi Sumber daya: Dengan pemakaian sumber daya secara bersama-sama akan menghemat sumber daya tersebut, bahkan dapat memaksimalkan fungsi dari perangkat yang ada
Keuntungan dan kerugian menggunakan Jaringan Komputer
Keuntungan menggunakan Jaringan Komputer:
  1. Berbagi (sharing) resource sumber daya peralatan (hardisk, printer, scanner, modem, dll)
  2. Berbagi pakai aplikasi
  3. Keamanan data terjamin
  4. Komunikasi antar user seperti email, teleconfrence, dll
  5. Kontrol user dapat dilakukan secara terpusat
  6. Mudah dalam melakukan backup data
  7. Dan lain-lain
Kerugian menggunakan Jaringan Komputer:
  1. Dapat menimbulkan  biaya lebih tinggi dalam saat awal membangun jaringan
  2. Memerlukan manajemen perangkat keras dan perangkat lunak
  3. Virus dapat menyebar lebih cepat
  4. Serangan hacker
  5. Memerlukan Administrator jaringan
  6. Dan lain-lain.
Baca juga teknologi jaringan komputer agar lebih memahaminya. Demikian pengertian, manfaat serta keuntungan dan kerugian menggunakan jaringan komputer secara umum.
BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Pengertian dan manfaat Jaringan Komputer"

Berlangganan via Email