Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan

Perangkat Jaringan Komputer - Untuk membangun dan mewujudkan jaringan komputer dengan topologi tertentu diperlukan perangkat fisik sesuai dengan fungsinya. Perangkat jaringan komputer fisik ini dipasang berdasarkan fungsinya pada jaringan lokal atau luas. Perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk interkonesi pada LAN, tergolong pada tiga jenis, yaitu Hub, Switch dan Bridge  walaupun secara kinerja Hub dan Switch dapat dianggap sebagai bridge. Baca : Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan

Sedangkan Perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk interkoneksi pada WAN diantaranya adalah Router WAN Switching, Modem dan Server Komunikasi

Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan


Berdasarkan fungsi masing-masing dari perangkat jaringan komputer, ada beberapa perangkat jaringan yang mempunyai dominasi dalam penggunaanya di lapangan, diantaranya adalah :
Host, NIC, Modem, Hub, Switch, Router, Bridge, Repeater

Host

Host atau biasa disebut terminal dalam beberapa penggunaan adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan oleh user dalam menjalankan software aplikasi jaringan. Host biasanya menggunakan Personal Komputer (PC). Pada PC yang akan digunakan sebagai host harus memiliki  peripheral seperti NIC (Network Interface Card) yang fungsinya adalah sebagai penghubung antara sistem kerja host dengan media trasmisi/ network.

NIC

Untuk dapat memfungsikan PC agar dapat berkomunikasi dengan PC yang lain dalam sebuah jaringan, maka diperlukan Network Interface Card (NIC) sebagai penghubung PC dengan media yang digunakan dalam jaringan tersebut.

Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan
Jenis dari NIC yang digunakan pada PC tergantung dari dukungan interface pada PC dan jenis media yang digunakan pada jaringan, seperti:
  1. Interface Serial, dengan media berupa serial line, konektor yang digunakan bisa menggunakan RS 232, V35, dll.
  2. Internal Network Interface Card, yaitu jenis kartu jaringan yang penempatannya berada di dalam casing computer personal. Penghubung antara jenis kartu jaringan ini dengan system computer dapat menggunakan slot ekspansi ISA atau PCI, sehingga beberapa jenisnya dikenal dengan ISA/PCI Ethernet, sedangkan yang medianya tidak termasuk kategori Ethernet, biasanya hanya dikenal dengan istilah internal, misalnya modem internal.. Media yang digunakan untuk interkoneksi antar komputernya dapat berupa kategori Ethernet ataupun non Ethernet dengan media wireline (Ethernet Card) maupun wireless (Wireless Card).
Dalam implementasi kartu jaringan internal, selain dukungan fisik yang harus disesuaikan, perlu diperhatikan pula pengalamatan bagi jalur fisik yang ada. Jangan sampai terjadi konflik alamat yang akan mengakibatkan peripheral tidak dapat berfungsi dengan baik.
Spesifikasi yang dapat ditemui di lapangan dari perangkat ini, selain dukungan secara fisik adalah unjuk kerja yang ditawarkan oleh perangkat tersebut (speed). Untuk NIC dengan koneksi kabel spesifikasinya adalah sebagai berikut:
  1. Ethernet mempunyai throughput sebesar 10 Mbps.
  2. Fast Ethernet mempunyai throughput sebesar 100 Mbps
  3. Gigabit Ethernet mempunyai throughput sebesar 1 – 10 Gbps.
Tentunya untuk memaksimalkan throughput yang diharapkan, perlu dukungan dari media yang digunakan, dimana media yang digunakan juga harus dapat melalukan data sebesar kemampuan dari NIC.

Apabila didapati media dengan spesifikasi lebih rendah, maka unjuk kerjanyapun akan mengikuti spesifikasi yang lebih rendah, misalnya penggunaan NIC Gigabit Ethernet dengan media yang maksimal throuhputnya hanya 100 Mbps, maka unjuk kerja komunikasinya hanya akan mencapai laju maksimal 100 Mbps.

Secara fisik slot ekspansi PCI dengan ISA dapat dibedakan dari struktur fisik ISA lebih panjang (secara visual, jumlah pin lebih banyak), juga biasanya dibedakan dalam warna, slot ekspansi ISA diberikan warna hitam, sedangkan slot ekspansi PCI biasanya diberikan warna putih.

Penggunaan kartu jaringan berbasis slot ekspansi PCI saat ini sangat mendonimasi dibanding kartu jaringan berbasis slot ekspansi ISA, hal ini dikarenakan selain infrastruktur yang sudah sangat terbatas untuk slot ISA (karena kebanyakan vendor motherboard saat ini tidak menyertakan slot ekspansi ISA dalam produknya), juga karena kualitas dari kinerja PCI lebih baik dibandingkan dengan kualitas kerja ISA.

Bridge

Bridge adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan antar host/terminal jaringan secara fisik dapat menghubungkan media wireline dengan sesame wireline atau dengan media wireless, sehingga apabila dilihat dari model referensi TCP/IP, perangkat ini bekerja di lapisan fisik.

Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan

Modem

Modem (Modulator de modulator) merupakan perangkat yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi analog maupun sebaliknya. Modem ini merupakan salah satu jenis bridge, yaitu perangkat jaringan komputer yang bekerja untuk menghubungkan computer personal dengan atau pada media yang berbeda. Perangkat ini adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk koneksi Wide Area Network (WAN).

Karakteristik fisik dari Modem tergantung dari dua hal, yaitu :
  1. Interkoneksi dengan PC.
  2. Media yang digunakan untuk interkoneksinya (lihat interkoneksi bridge berdasarkan media)
Untuk fungsi Interkoneksi dengan PC, dikenal Modem Internal dan Modem Eksternal.

Modem internal adalah modem yang mempunyai interkoneksi dengan PC menggunakan Slot ekspansi (ISA atau PCI), sehingga secara fisik berada di dalam casing PC, terlihat sebagai satu sub fungsi dari PC. Pada motherboard jenis terbaru, modem biasanya sudah terpasang pada motherboard.

Modem Eksternal secara fisik terpisah dari PC, dan berada diluar casing PC. Untuk menghubungkan PC dengan Modem jenis ini membutuhkan interface seperti interface serial, USB, bahkan NIC.
Pilihan untuk mengaplikasikan modem internal maupun modem eksternal bukanlah satu masalah secara teknis, sepanjang kebutuhan interkoneksinya tersedia, karena dari sisi fungsi keduanya sama.

Hub

Dilihat dari fungsinya, Hub saat ini tidak banyak digunakan, secara teknis ada perangkat yang lebih baik yang telah ditawarkan oleh perangkat lain seperti switch. Dari sisi ekonomis-pun switch mempunyai harga yang bersaing dengan hub.

Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan

Pada hub, seluruh PC yang terkoneksi tergabung dalam satu collision domain, sehingga apabila beberapa PC membutuhkan layanan komunikasi pada saat yang bersamaan, maka sangat mungkin terjadi tabrakan data (collision). Bila kondisi ini terjadi, lampu indicator LED akan menyala. Konsep CSMA/CD di terapkan pada perangkat ini sebagai dasar unjuk kerjanya.

Switch

Bentuk fisik dari Switch ini sulit dibedakan dengan hub, karena keduanya mempunyai konfigurasi fisik yang sama. Perbedaannya terlihat dari unjuk kerjanya. Pada switch, jalur virtual akan terbentuk ketika dua port saling berkomunikasi, dan tidak akan mengganggu komunikasi antar port yang lain.
Konsep kerja yang digunakan sebagai dasar unjuk kerjanya adalah CSMA/CA.

Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan

Saat ini switch memiliki teknologi yang semakin baik, ada 2 jenis switch yang beredar dipasaran yaitu managable (Bisa di managemen/ konfigurasi) dan non managable (tidak bisa dimanajemen/ konfigurasi)

Router

Router adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan host pada jaringan yang berlainan. Fungsi utamanya adalah melakukan IP Forwarding, yaitu proses meneruskan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang menjadi tujuan paket data, sehingga apabila dilihat dari model referensi, perangkat jaringan komputer ini bekerja pada lapisan network.
 
Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan
 Bila ditinjau dari perangkatnya, router terdiri dari dua jenis , yaitu:
  1. PC Router
  2. Dedicated Router
PC router sebetulnya adalah komputer personal biasa yang telah difungsikan sebagai router dengan Customisasi pada OS-nya. Tetapi dengan penambahan spesifikasi dan konfigurasi, maka akan dapat berfungsi sebagai router. Penambahan spesifikasi dan konfigurasi yang dimaksud adalah:
  1. Mempunyai minimal dua NIC yang masing-masing dihubungkan ke jaringan.
  2. Pada setiap NIC tersebut harus diberi alamat (IP Address) yang mewakili jaringannya
  3. Diberikan konfigurasi IP Forwarding.
Pengguna diberikan keleluasaan untuk menentukan spesifikasi PC router tersebut, seperti:
  1. Sistem operasi yang digunakan, sehingga dalam melakukan konfigurasinya harus mengikuti sintaks pada system operasi tersebut. Customisasi ini memudahkan pengguna dalam pemeliharaannya, karena dipastikan pengguna sudah terlebih dahulu memahami penggunaan dari sistem operasi tersebut.
  2. Jumlah dan jenis NIC yang digunakan untuk koneksi antar network tersebut, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan jumlah jaringan yang akan dihubungkan

Dedicated router adalah perangkat yang dibuat dengan rancangan dan konfigurasi tertentu sebagai router. Ada beberapa vendor yang membuat router jenis ini, seperti: Cisco, 3Com, dll.

Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan

Repeater

Repeater adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja pada lapisan fisik model referensi. Perangkat ini merupakan pelengkap dari fungsi kerja media jaringan, yaitu untuk mengatasi keterbatasan daya pancar dari media tersebut.

Perangkat ini ditempatkan di tengah media pada saat daya pancarnya melemah, Dengan penggunaan perangkat ini, maka kekuatan sinyal yang diterima oleh repeater akan dikuatkan kembali, sehingga output dari repeater akan memancarkan sinyal dengan daya pancar kurang lebih sama seperti dengan yang dipancarkan oleh host pengirim, bahkan dapat lebih besar. Repeater ini dikenal juga dengan sebutan power amplifier.

Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan

Sebagai contoh, ketika host A mengirimkan paket data ke host B dengan pelemahan sinyal pada media. Dimungkinkan data yang dikirim oleh host A tidak sampai ke host B dikarenakan sinya pada media semakin lemah, dengan memberikan repeater sebagai penguat sinyal maka kualitas sinyal menjadi lebih baik sehingga paket data yang dikirim host A bisa sampai ke host B dengan baik.
BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Perangkat Jaringan Komputer yang banyak digunakan"

Berlangganan via Email