Jenis jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer - Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer beserta perangkat-perangkat pendukung lainya yang saling terhubung dalam satu kesatuan melalui media berupa kabel atau non kabel (wireless) sehingga pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi seperti dokumen dan data. Skema pembangunan jaringan komputer dikenal dengan Topologi. Dengan kata lain Topologi dapat diartikan sebagai pola hubungan antar host yang melakukan komunikasi satu sama lain untuk aplikasi tertentu. Agar lebih paham tentang istilah jaringan komputer silahkan baca materi sebelumya tentang Istilah Jaringan Komputer

Topologi fisik merupakan aturan yang mengatur bagaimana setiap host terhubung dengan host lainnya secara fisik dengan menggunakan media transmisi tertentu. Topologi fisik terdiri atas dua jenis, yaitu: Topologi Dasar dan Topologi Pengembangan (hybrid)

Topologi dasar merupakan topologi yang paling sederhana yang dapat digunakan sebagai referensi pembangunan sebuah jaringan komputer. Topologi dasar memiliki diagram fisik dan karakteristik sendiri memiliki 3 jenis topologi dasar yang dapat digunakan, antara lain: Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Star.

Baca: Manfaat Jaringan Komputer

Topologi Bus

Pada topologi bus, terdapat lebih dari dua perangkat yang dihubungkan ke medium dan semuanya dapat mengirimkan sinyal pada medium tersebut.

Topologi Jaringan Komputer

Transmisi dari satu perangkat akan dirambatkan sepanjang media transmisi ke segala arah dan dapat diterima oleh semua perangkat lain dalam jaringan.
Pada penerapan topologi BUS, diujung bus dipasang suatu terminator  yang berfungsi menyerap signal dan membuangnya dari bus.

Kelemahan dari topologi BUS ini adalah apabila salah satu segmen medianya terputus, maka seluruh Host (PC) tidak dapat berkomunikasi. Selain itu pada topologi BUS ini sangat riskan terjadi tabrakan paket data (collision), hal ini terjadi karena hanya terdapat jalur tunggal yang digunakan untuk menghubungkan Host (PC) anggota jaringan komputer.

Topologi Ring

Pada topologi ring semua workstation dan server dihubungkan secara berurut  sehingga terbentuk suatu pola lingkaran yang mirip cincin. Dalam perjalanannya dari pengirim sampai ke tujuan, data akan melalui beberapa host yang terdapat di antara pengirim dan tujuan.


Topologi Jaringan Komputer

Keunggulan dari topologi jenis ring ini adalah penggunaan media yang minimal, sehingga tidak akan terjadi collision atau tabrakan pengiriman data, karena hanya satu host dapat mengirimkan data pada suatu waktu.

Sedangkan kelemahan dari topologi ini adalah setiap host dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan di suatu host maka seluruh jaringan akan terganggu.

Topologi Star

Pada topologi star setiap host dihubungkan langsung ke konsentrator yang fisiknya dapat berupa hub, switch atau perangkat lain yang dapat menggabungkan koneksi banyak host. Pengiriman paket data pada topologi ini menggunakan metoda akses CSMACD atau CSMA/CA.


Topologi Jaringan Komputer
Keunggulan yang dimiliki oleh topologi star ini adalah jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar, karena setiap host mempunyai media sendiri untuk komunikasi ke tujuan (destinasi) komunikasinya melalui konsentrator. Selain dari itu apabila terdapat gangguan pada suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan konsentrator (hub/switch) saja.

Kelemahan dari topologi star adalah boros kabel karena membutuhkan kabel yang lebih banyak dibandingkan dengan topologi lainnya, serta keharusan menyediakan perangkat tambahan berupa konsentrator (hub/switch)

Topologi Pengembangan

Topologi pengembangan adalah gabungan dari beberapa topologi dasar atau dikenal dengan istilah topologi hybrid/gabungan. Pembuatan topologi pengembangan dilakukan karena keterbatasan karakteristik topologi dasar yang sebetulnya diperlukan pada implementasi jaringan komputer, sehingga untuk melengkapinya digabungkan dengan topologi dasar yang lain.

Beberapa topologi pengembangan antara lain: Topologi Tree, Topologi Mesh, Cell

0 Response to "Jenis jenis Topologi Jaringan Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel