Mata Pelajaran TKJ SMK

Mata Pelajaran TKJ SMK

Jurusan IT di SMK sebenarnya masih bersifat umum karena masih dibagi lagi berdasarkan kompetensi keahlian. Tetapi kita lebih familiar dengan kata jurusan yang sebenarnya merupakan kompetensi keahlian. Agar lebih mudah dipahami kita pakai saja kompetensi keahlian dengan kata jurusan, walaupun sebenarnya kurang tepat.

Bagi kalian yang masih belum tahu apa yang akan dipelajari di jurusan TKJ, berikut ini Mata PelajaranTKJ SMK berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 07/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018 tentang Spektrum Struktur Kurikulum SMK/MAK atau biasa dikenal dengan Kurikulum 2013 Revisi yang berlaku saat ini.

Bahwa Jurusan IT ini sebenarnya masuk ke dalam Bidang Keahlian, yang didalamnya terdapat Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian (Jurusan). Jurusan TKJ merupakan salah satu jurusan (kompetensi keahlian) dari berbagai macam jurusan yang ada di Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika.

Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika terdiri dari:

  • Rekayasa Perangkat Perangkat Lunak (RPL, 3 Tahun)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ, 3 Tahun)
  • Multimedia (MM, 3 Tahun)
  • Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA, 4 Tahun)


Yang membedakan dari ke 4 jurusan tersebut adalah Mata Pelajaran pada C3 (Kompetensi Keahlian) di kelas 11 dan 12, sedangkan untuk kelas 10 memiliki mata pelajaran yang sama.

Mata Pelajaran TKJ SMK pada C3 memiliki spesifikasi khusus yang berhubungan dengan kompetensi siswa. Kompetensi inilah yang menjadi pembeda antara jurusan IT lainya seperti RPL, TKJ, MM, dan lainya. 

Mata Pelajaran TKJ SMK


Lalu apa saja Mata Pelajaran TKJ SMK?

Berikut ini adalah daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Mata Pelajaran

A. Muatan Nasional

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Kelas X/XI/XII)
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Kelas X/XI/XII)
3. Bahasa Indonesia (Kelas X/XI/XII)
4. Matematika (Kelas X/XI/XII)
5. Sejarah Indonesia (Kelas X/XI/XII)
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya (Kelas X/XI/XII)

B. Muatan Kewilayahan

7. Seni Budaya (Kelas X/XI/XII)
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas X/XI/XII)

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian

1. Simulasi dan Komunikasi Digital (Kelas X)
2. Fisika (Kelas X)
3. Kimia (Kelas X)

C2. Dasar Program Keahlian

1. Sistem Komputer (Kelas X)
4. Komputer dan Jaringan Dasar (Kelas X)
5. Pemrograman Dasar (Kelas X)
6. Dasar Desain Grafis (Kelas X)

C3. Kompetensi Keahlian

8. Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)(Kelas XI/XII)
9. Administrasi Infrastruktur Jaringan (Kelas XI/XII)
10. Administrasi Sistem Jaringan (Kelas XI/XII)
11. Teknologi Layanan Jaringan (Kelas XI/XII)
12. Produk Kreatif dan Kewirausahaan (Kelas XI/XII)

Dalam mata pelajaran TKJ kamu tidak hanya belajar teori perangkat keras komputer, tetapi kamu juga bakalan mempelajari bagaimana cara mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan komputer maupun laptop. Kamu akan belajar secara praktik mulai dari perbaikan komputer/ laptop, pembuatan jaringan LAN, WAN maupun Internet dengan media dan perangkat terbaru.

Selain itu, kamu juga bakalan di ajarkan bagaimana mengkonfigurasi perangkat jaringan seperti Mikrotik, Cisco, dll yang merupakan perangkat jaringan paling banyak digunakan oleh perusahaan saat ini. Kamu juga akan belajar mengkonfigurasi Server sehingga ketika kamu lulus siap menjadi Administrator Jaringan Muda yang dapat mengelola sistem jaringan skala kecil maupun menengah.

Dengan daftar matapelajaran smk jurusan TKJ yang begitu lengkap maka lulusanya akan memiliki keterampilan sebagai bekal bekerja dimasa mendatang.

Peluang kerja dari jurusan TKJ ini adalah: Operator komputer, Teknisi Komputer/ Laptop, Teknisi Jaringan, Sistem Administrator baik di instansi Pemerintah maupun di Perusahaan kecil dan juga perusahaan besar. 

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan TKJ

Selain bekerja di perusahaan, lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan juga bisa berwirausaha dengan membuka service dan penjualan komputer/ laptop, Jasa pemasangan jaringan komputer dan internet, provider internet, dll. Jurusan Teknik komputer ini juga memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik di jurusan komputer maupun jurusan lainya

BLOG'E WASITO
BLOG'E WASITO Hanya seorang "Pembelajar"

No comments for "Mata Pelajaran TKJ SMK"